Saturday, August 18, 2018

6 Macam-macam Minuman Khas Lampung dan Cara Membuatnya

Majalah Lampung – Tahukah anda apa saja macam-macam minuman khas Lampung dan cara membuatnya ? Berikut ini adalah beberapa minuman yang bisa anda buat sendiri dirumah. 

Hampir setiap daerah mempunyai minuman khas, termasuk juga Lampung. Untuk minuman khas Lampung sendiri dipengaruhi oleh hasil bumi dan pertanian yang memang terdapat di Lampung. Salah satu yang paling terkenal adalah kopi, oleh sebab itu kopi Lampung menjadi minuman khas Lampung yang mudah ditemukan. Perkebuanan kopi di Lampung terhampar di wilayah Lampung Barat dan juga Tanggamus Lampung.

Nah, berikut ini adalah beberapa minuman khas dari Lampung yang bisa anda coba atau anda buat dirumah. Untuk pembuatannya bisa dibilang sangat mudah.

1. Es Serbat Kweni
Minuman dengan rasa manis asam yang menyegarkan ini berbahan dasar buah kweni. Buah kweni sendiri adalah jenis buah kerabat mangga yang tak susah ditemukan di Lampung. Rasa dan cara membuatnya sangat mudah sehingga banyak orang Lampung menyukai minuman khas Lampung yang satu ini. Berikut adalah cara pembuatannya:

Es serbat kweni (Sumber foto: Klik Hotel)

Bahan yang perlu disipakan
- 750 gram mangga kweni segar
- 200 gram gula merah yang telah dihaluskan 
- 600 ml air
- Setengah sendok teh vanili
- 1 Lembar daun pandan segar
- Es batu 

Cara Membuat Es Serbat Kweni

- Buatlah sirup gulanya terlebih dahulu
- Campur air, gula dan vanili serta pandan
- Setelah tercampur rebus hingga mendidih
- Masukan potongan mangga tersebut
- Kemudian dinginkan rebusan air tersebut
- Kemudian beri es dan sajikan

Minuman ini sangat cocok diminum saat cuaca panas terik. Dengan sensasi dingin dari es batu dan rasa yang menyegarkan dijamin akan melepas dahaga saat terik menerpa. Perlu dikehaui juga bahwa kweni mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan seperti antiosidan, vitamin C, B6, A, Kalsiumd dan fospor. Jadi apa anda tertarik untuk membuatnya ?? Unuk lebih jelas, anda bisa menekan tautan Resep Es Serbat Kweni Lampung.

2. Kopi Lampung
Ya, macam-macam minuman khas Lampung selanjutnya adalah kopi Lampung. Kopi jenis robusta yang dihasilkan dari pegunungan Lampung Barat dan Tanggamus. Kopi yang ditanam diatas ketinggian ini memberikan kesburan pada batang kopi, kopi tumbuh subur dan memberikan citarasa yang berbeda. Anda bisa membeli bubuk kopi Lampung atau datang ke coffe shop di Lampung untuk menjajal kenikmatan kopi hitam Lampung ini. Anda juga bisa berburu kopi yang diolah secara tradisonal oleh masyarakat, biasanya mereka menyangrai kopi dengan wajan tanah (kreweng). Rasa yang dihasilkan dari pross tersebut membuat aroma kopi berbeda dari yang di oven.

Kopi Hitam Lampung (Sumber Foto Tim Majalah Otten)

3. Kopi Luwak Lampung
Temukan kopi luwak di Liwa Lampung Barat, disana anda bisa melihat penangkaran luwak sembari ngopi asik didekatnya. Luwak memilih biji kopi terbaik sehingga biji kopi yang diginakan berkualitas sangat apik. Tentu ini akan memberikan rasa yang berbeda saat kopi diseduh.

4. Kopi Duren
Buah durian di Lampung cukup mudah dijumpai, bahkan saat tidak musim durian pun anda bisa melihat durian dijual dipinggir jalan. Bahkan ada Kampung Durian di Lampung yakni Sumberagung.  Kolaborasi kopi hitam Lampung dan durian Lampung yang khas akan membuat lidah anda termanjakan. Cukup seduh kopi Lampung, kemudian masukan buah durian tersebut kedalam kopi yang telah disebuh beserta buahnya. Kopi anda akan sangat beraroma durian, dan rasa durian akan tercampur dengan kopi yang nikmat.

Kopi Durian Lampung (Sumber Foto Miignon.com)

5. Es Kacang Merah Plus Durian
Es kacang merah dicampur dengan durian akan memberikan rasa lezat tak terkalahan. Beberapa penjual es kacang merah di Bandar Lampung sudah memadukan es yang kaya dengan protein ini dengan daging buah durian yang lezat. Tentu cara membuatnya tingal mencampurkan es tersebut dengan daging buah durian Lampung.

6. Manisan Buah Lampung
Ya, minuman khas Lampung yang terkahir adalah manisan buah dari Lampung. Manisan dari nangka, mangga dan buah lainnya yang masih basah (berair) akan menjadi minuman lezat untuk anda. cara membuatnya sama dengan membuat manisan pada umumnya.

Demikianlah informasi terkait macam-macam minuman khas Lampung yang tentunya mudah dalam pembuatannya ini. Selamat mencoba. Pada kesimpulannya tak hanya makanan khas Lampung saja yang beragam, namun minumannnya juga bervariasi. Untuk anda yang mengetahui minuman khas Lampung lainnya, bisa menggunggah di akun sosial media dengan hastag # Macam-macam minuman khas Lampung # Minuman segar khas Lampung # Cara membuat minuman khas lampung  dan  # daftar minuman khas Lampung.
No comments:
Write comments

Join Our Newsletter